Jokowi: Urusan Saya Apa dengan Produksi Mobil Esemka? - Teknologi
Contoh banner 1

Srikandi News

Contoh banner 1

Jokowi: Urusan Saya Apa dengan Produksi Mobil Esemka?


TANGERANG, Srikandi Indonesia - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal politik kebohongan dikritik kelompok oposisi dengan menyinggung mobil Esemka. Proyek itu dinilai dijadikan alat untuk memuluskan karier politiknya saat menjadi Wali Kota Solo.
Menanggapi hal tersebut, Jokowi mengatakan, persoalan Mobil Esemka bukan lagi wewenangnya. Pasalnya, pembuatan mobil tersebut merupakan urusan produsen yang bersangkutan.
"Itu urusan orang industri, urusan saya apa dengan produksi Esemka? tidak ada urusan pemerintah, itu dikerjakan penuh oleh industri swasta. Pemerintah tidak ikut campur soal itu," ujarnya di Indonesia Exhibition Exchange (ICE) BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018).
Mobil Esemka ini merupakan prototipe dari siswa-siswa SMK dengan dibantu beberapa teknisi dari perusahaan besar. Saat menjabat sebagai Gubernur DKI, Jokowi mengaku hanya mendorong mobil ini supaya segera bisa diuji emisi dan laik jalan.
"Tugas pemerintah hanya itu. setelah jadi ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak diproduksi ya bukan urusan kita lagi. Masa presiden mau buat pabrik lagi membuat mobil Esemka? Yang bener saja kamu," ucapnya.
Kendati demikian, jika mobil ini nantinya akan diproduksi secara massal ,dirinya siap datang sebagai bentuk apresiasi.
"Kalau itu jadi saya pasti datang, akan saya buka, karena jelas brand dan principle Indonesia," kata Jokowi. (iNews.id /sl)

Tidak ada komentar